Painting Technique 101

June 17, 2020

Melukis merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan di sela-sela kesibukan, atau malah menjadi rutinitas sehari-hari bagi beberapa orang.

 

Di masa pandemi seperti ini, banyak banget dari kita yang akhirnya meluangkan waktunya di rumah untuk melukis, karena selain untuk menambah kreatifitas dan berkreasi dengan elemen-elemen melukis (baca artikel 7 Elemen Seni ini), melukis juga punya teknik yang bisa kalian pelajari dan praktekkan. Sejatinya melukis tidak hanya sekedar menggoreskan kuas ke kanvas atau kertas, melukis juga memiliki teknik dasar yang perlu kalian ketahui untuk membuat karya kalian semakin menarik. Apa aja sih teknik-tekniknya? Yuk simak dibawah ini!

 

___________________________________________________________________________

 

 

 

1. Underpainting

 

Underpainting dalam melukis adalah teknik dasar yang perlu kalian coba. Teknik ini biasanya digunakan dalam oil painting, tapi kalian bisa coba pakai acrylic dulu. Untuk memulainya, kalian bisa start dengan base color secara tipis-tipis dan semakin tebal dengan pelan-pelan menaikkan tone color yang akhirnya menciptakan warna yang tegas dan bold. 

 

___________________________________________________________________________

 

 

 

2. Blocking / Bravura

 

Teknik ini merupakan teknik melukis dengan mulai memberi warna yang umum sebagai dasar, biasanya menggunakan cat dasar atau mid-tone yang tidak gelap. Lalu kalian bisa berkreasi menumpuk cat dengan berbagai macam kuas secara tipis semakin tebal dengan menambahkan detail yang menciptakan sebuah objek dan akhirnya menghasilkan sebuah lukisan. Blocking juga merupakan salah satu genre dalam lukisan, seperti lukisan-lukisan dari John Singer Sargent di atas.

 

___________________________________________________________________________

 

 

 

3. Texture

 

Teknik ini digunakan untuk menciptakan texture, bisa dengan menggunakan brush atau media lain seperti cotton buds, sikat gigi, dan lainnya. Tujuan teknik texture ini adalah untuk menciptakan hasil lukisan yang nyata atau realistic. Jika kalian hanya menggunakan brush, teknik ini bisa diaplikasikan dengan menggunakan cat yang kental, dari cat kental ini akan menghasilkan tekstur yang membuat karya semakin “hidup”.

 

___________________________________________________________________________

 

 

 

4. Sgrafitto

 

Sgrafitto adalah teknik melukis dengan menggores cat yang masih basah sehingga memunculkan warna underpainting atau layer warna yang telah diaplikasikan sebelumnya. Contohnya kamu bisa menggores bagian rambut untuk menciptakan rambut yang natural, atau rumput. Kalian bisa gunakan benda yang mempunyai ujung yang pointy untuk menghasilkan teknik ini.

 

___________________________________________________________________________

 

 

Dengan mempelajari teknik-teknik dasar melukis ini, akhirnya kamu bisa belajar dan berproses untuk menciptakan karya yang memiliki komposisi dan elemen yang tepat, serta enhancing skill melukis kalian. Teknik-teknik ini tidak sulit untuk kalian praktekkan di rumah kok, yuk coba dan mulai berkarya!

 

Kamu bisa juga belajar teknik-teknik ini dari kelas online Kala yang diadakan setiap seminggu 4 kali secara Live di Instagram @kalarts.id atau ikutin free tutorial melukis di Youtube Channel Kala Arts Studio.