Color Theory 101

July 8, 2020

Kita mulai belajar tentang warna sejak kita masih kecil, dan kita juga pernah menghafalkan nama-nama warna dengan menyanyikan lagu Pelangi; merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Yang akhirnya kita jadi mulai tertarik untuk menggambar dan bereksperimen dengan pensil warna atau krayon, 

 

Pada dasarnya, mata manusia memiliki kemampuan untuk melihat jutaan warna berbeda, namun untuk mengkombinasikan dua atau tiga warna terkadang jadi hal yang sulit buat kita. Tapi tenang aja, Kala akan sedikit menjelaskan tentang color theory dasar supaya kita bisa bareng-bareng paham lebih dalam tentang dunia warna.

 

 

 

 

Mungkin kita pernah lihat gambar yang satu ini. Yup, ini adalah Color Wheel. Color wheel ini akan membantu kita dalam memahami hubungan warna yang satu dengan yang lain. Color wheel juga tentang percampuran warna, baik warna primary, secondary, tertiary, dan lainnya. Isaac Newton adalah penemu color wheel pada tahun 1866, ia menggunakan ilmu fisikanya untuk mengidentifikasi color wheel dari refleksi cahaya pada sebuah prisma.

 

Ada banyak jenis warna, beberapa diantaranya adalah primary, secondary, tertiary, dan monochromatic. Yuk kita bahas bareng-bareng disini.

 

__________________________________________________________________________

 

 

 

1. Primary Colors

 

Primary color terdiri dari tiga warna yaitu merah, kuning, dan biru. Warna-warna inilah yang menjadi dasar dari semua warna. Jika kita mencampurkan antara tiga warna ini akan menghasilkan secondary color. Primary color adalah warna-warna yang penting, jika tidak ada ketiga warna ini, kita tidak bisa membuat warna-warna yang lain.

 

___________________________________________________________________________

 

 

 

2. Secondary Colors

 

Secondary colors adalah hasil dari percampuran warna-warna primary. Warna-warna yang dihasilkan adalah jingga, ungu, dan hijau. 

 

___________________________________________________________________________

 

 

 

 

3. Tertiary Colors

 

Tertiary colors merupakan hasil dari percampuran warna-warna primary dan secondary. Bisa dibilang juga, tertiary colors adalah cucu dari primary colors. Warnanya bisa kalian lihat yang ada tanda panahnya.

 

___________________________________________________________________________

 

 

 

4. Monochromatic Colors

 

Monochromatic colors adalah warna-warna dari sebuah hue, untuk menciptakannya kalian bisa menggunakan tints, shades, dan tones untuk untuk mencerahkan atau menggelapkan hue aslinya. 

 

___________________________________________________________________________

 

 

Belajar color wheels memang asik, bikin kita explore tentang warna-warna lain yang bisa diciptakan dari primary color. Kalian bisa mengaplikasikan color theory di banyak hal, tidak hanya melukis, desain juga perlu pemahaman terhadap color theory.

 

Color theory juga bisa dipelajari bareng di kelas online Kala, kita akan melukis sambil belajar tentang mencampurkan warna. Jadi, yuk ikutan kelas online Kala, Live di Instagram. Kalian bisa cek instagram Kala di @kalart.id untuk mengembangkan hobby melukis kalian. Kalian juga bisa subscribe di Youtube Channel Kala Arts Studio untuk ikutan tutorial melukis.

 

Please reload

Featured Posts

Color Theory 101

July 8, 2020

1/6
Please reload

Recent Posts

July 8, 2020

May 20, 2020

Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags
Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
 

+6221 29602143

Ruko Mendrisio 1 Blok D No. 7 - Lt. 2 (di atas Eaton), Jl. BSD Raya Utama, Tangerang - Banten 15334

  • Instagram

©2018 by Kalā Art.